Cara Bermain Saham Online Bagi Pemula

Era digital seperti sekarang ini, bermain saham secara online mudah dilakukan oleh setiap orang. Dibandingkan dengan dua puluh tahun yang lalu, ketika perdagangan saham orang-orang harus bergantung pada pialang saham. Pialang saham merupakan orang yang akan membeli dan menjual pesanan atas nama pelanggan. Dan saat itu melalui perdagangan, individu dapat mengeksekusi pelayanan jual dan beli saham dalam hitungan detik. Andanya kemudahan ini tentu memberikan kesempatan bagi Anda, khususnya bagi para pemula untuk turut serta dalam investasi saham online ini karna prospek pasar saham di Indonesia sangat bagus.

Cara Bermain Saham Online

Cara Bermain Saham Online Bagi Pemula

Untuk mengetahui cara bermain saham online, silahkan simak ulasan berikut.

Memilih  Stok Saham

Langkah awal bagi para pemula adalah melakukan kegiatan untuk mengetahui tentang bagaimana memilih saham. Dalam memilih saham yang sehat dapat dianalisis melalui laporan laba atau rugi, laba tahunan dan kuartalan serta rilis berita dari perusahaan. Itu semua adalah hal yang paling fundamental dan dapat kita peroleh secara online. Apabila masih belum bisa memahaminya, kita dapat mencari tutorial cara membaca laporan-laporan tersebut.

Meneliti Stok Saham

Meneliti stok saham pada perusahaan juga sangat penting. Selain itu, kita juga harus benar-benar melakukan penelitian pada perusahaan yang akan dibidik, seperti meneliti kepemimpinannya dan kompetisinya di pasar saham. Ketika akan melakukan kegiatan penjualan dan pembelian saham, maka sebelumnya pilihlah layanan perdagangan online mana yang ingin digunakan. Ini juga termasuk dalam pemilihan broker sebagai mitra kerja.

Mempersiapkan Biaya

Mempersiapkan biaya juga tak kalah penting demi tercapainya suatu tujuan. Biaya yang dibutuhkan dalam investasi saham untuk sekarang ini tidaklah seperti beberapa tahun yang lalu. Jika kita memiliki modal dibawah lima juta pun, kita sudah dapat melakukan investasi saham online. Bahkan banyak juga para broker yang menawarkan rekeningnya untuk investor agar dapat dibuka dengan bermodalkan seratus ribu rupiah saja. Hal ini sebenarnya telah diberlakukan oleh pemerintah dengan harga jual beli saham minimum perlot yaitu seratus lembar. Oleh karena itu, saham dapat dibeli dengan biaya yang relatif terjangkau.

Memilih Broker

Pemilihan broker bagi para investor pemula merupakan bagian fundamental. Karena dengan adanya broker inilah mereka  akan membatu dalam investasi saham.  Ada sekitar  115 broker yang tercatat dalam situs resmi Bursa Efek Indonesia. Kita dapat memilih salah satunya sebagai perantara atau mitra kerja untuk membatu menemukan saham  yang paling menguntungkan.

Pada kenyataannya setiap broker itu memiliki karakter masing-masing. Tetapi secara umum seorang broker mengetahui akses informasi serta memahami dunia pasar. Dalam memilihnya perlu diketahui harga mereka, layanan, pilihan investasi, sumber daya pendidikan dan penelitian, dan praktik keamanan.

Mendaftarkan Diri

Setelah kita memilih broker dan kemudian mendapat broker yang sesuai dengan harapan, maka langkah selanjutnya adalah mendaftarkan diri ke broker saham tersebut. Cara mendaftarkan diri cukup melalui email atau nomor telepon yang dapat dihubungi. Nantinya, sebagai investor pemula kita akan diberikan bimbingan dan penjelasan lebih mendalam mengenai cara bermain saham online yang efektif melalui broker yang kita pilih sebagai mitra kerja.

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan bagi Anda untuk  berinvestasi saham online. Selain cara-cara di atas yang telah diulas dan dijelaskan, dapat juga Anda menambah referensi lain melalui kegiatan workshop ataupun training tentang investasi saham online lainnya. Sehingga dapat menunjang kapasitas dan kualitas diri. Semoga bermanfaat.

Silahkan beri penilaian untuk artikel ini:

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)

Loading...

Leave a Comment