Mengenal Apa Itu Bitcoin

Nama Bitcoin akhir-akhir ini semakin sering terdengar di mana-mana. Apalagi ketika nilainya semakin melonjak, bahkan sampai mengalahkan emas. Nah, bagi Anda yang masih belum kenal betul dengan Bitcoin, silahkan simak penjelasan ringkas berikut ini untuk membantu Anda mengenal Bitcoin!

Mengenal apa itu bitcoin

Bitcoin merupakan sebuah mata uang, namun keberadaannya hanya secara digital. Istilah lainnya adalah cryptocurrency. Hal inilah yang membedakannya dengan mata uang pada umumnya, yang penggunaannya dibatasi berdasarkan peraturan dan negara tempat mata uang tersebut diterbitkan, beredar, dan berlaku. Dengan demikian, tidak ada otoritas yang dapat mengontrol peredaran Bitcoin ini. Apalagi Bitcoin dapat digunakan tanpa kita harus mengungkapkan identitas kita yang sesungguhnya. Dan perbedaan lainnya antara Bitcoin dengan mata uang konvensional adalah adanya alogaritma yang perlu dipecahkan (komputasi) untuk mendapatkan Bitcoin. Maka, hardware serta software khusus digunakan untuk melakukan proses mendapatkan Bitcoin, yang juga disebut dengan istilah mining, agar komputasi tidak perlu dilakukan.

Karena kebebasan yang diberikan kepada para penggunanya, apakah lantas para pengguna dapat melakukan perubahan secara leluasa? Jawabannya tidak, karena kesepakatan bersama diperlukan agar Bitcoin tetap dapat digunakan dengan semestinya.

Selain itu, Bitcoin juga memiliki nilai tukar terhadap mata uang konvensional. Jadi, meskipun penggunaannya hanya untuk transaksi secara online dan hadir hanya dalam wujud digital, Anda bisa menukarkan Bitcoin ke dalam mata uang yang Anda gunakan. Proses penukaran tersebut difasilitasi di dalam situs Bitcoin Exchange. Dan nilai tukarnya sangat bombastis. Pada tahun 2013, nilai tukarnya “hanya” USD84,10. Dan terakhir, nilai tukar Bitcoin bahkan sudah mencapai USD2.216,20!

Kemudian, apakah Bitcoin bisa digunakan di Indonesia? Berdasarkan UU No.7 Tahun 2011 yang diterbitkan oleh Bank Indonesia selaku bank sentral, Bitcoin dinyatakan sebagai alat pembayaran atau mata uang yang tidak sah di Indonesia. Dan hal ini berlaku bukan hanya untuk Bitcoin saja, tapi juga mata uang virtual lainnya. Selain itu, Bank Indonesia juga menghimbau masyarakat agar berhati-hati ketika menggunakan alat pembayaran virtual jenis apapun.

Memang benar bahwa keleluasaan dan efisiensi menjadi daya tarik utama Bitcoin, belum lagi nilai tukarnya terhadap dolar Amerika yang fantastis. Namun, penting bagi Anda untuk pahami dulu kelebihan dan kekurangan Bitcoin sebelum menggunakannya agar Anda tidak rugi di kemudian hari.

Silahkan beri penilaian untuk artikel ini:

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment