Mengenal Apa Itu Reksadana

Investasi merupakan salah satu cara yang sangat direkomendasikan jika Anda memiliki dana lebih yang menganggur. Sebab, Anda bisa manfaatkan hasilnya untuk keamanan finansial di masa depan. Dan berbicara soal jenis investasi yang aman dan menguntungkan, reksadana adalah salah satunya.

Bagi Anda yang masih asing dengan produk investasi yang satu ini, artikel ini akan mengajak Anda mengenal reksadana sekilas. Selamat membaca!

Apa Itu Investasi Reksadana

Mengenal apa itu reksadana

Reksadana merupakan produk investasi kolektif yang asal dananya adalah dari masyarakat dan dana tersebut dikelola oleh manajer investasi resmi dan profesional yang diawasi langsung oleh OJK. Secara umum, investasi reksadana terbilang aman serta mampu memberikan imbas hasil yang cukup tinggi. Akan tetapi, perlu diingat bahwa produk investasi yang satu ini tidak dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

Bagi Anda yang masih merupakan seorang pemula dalam urusan investasi, reksadana bisa jadi pilihan yang sangat pas. Sebab, produk investasi yang satu ini lumayan mudah untuk dipahami. Dan jika Anda juga cukup berani untuk mengambil risiko, maka reksadana merupakan pilihan produk investasi yang makin tepat lagi bagi Anda.

Praktis dan Mudah Diakses

Seorang manajer investasi akan mengelola dana yang Anda investasikan. Manajer tersebut jelas haruslah seseorang yang profesional di dalam bidang ini. Dan keberadaan manajer investasi tersebut juga akan mempermudah Anda dalam mengelola dana yang Anda miliki karena artinya Anda sudah tidak perlu repot-repot lagi mengelola dana yang ada.

Baca Juga :

Kemudian, reksadana juga merupakan produk investasi yang mudah untuk diakses. Anda sekarang juga bisa melakukan pembelian secara online dan nilai minimalnya biasanya hanya sebesar Rp 100.000. Selain pembelian, transaksi yang bisa Anda lakukan secara online juga termasuk pemantauan hasil, top-up, penjualan, serta pengalihan atau switching. Ada juga fasilitas auto debet yang tersedia dari rekening pribadi Anda untuk investasi reksadana yang jauh makin mudah serta praktis karena sistemnya yang otomatis.

Dengan semakin mudahnya berinvestasi pada reksadana, maka pilihan produk investasi yang satu ini jelas merupakan opsi yang semakin menggiurkan. Bahkan jika Anda merupakan pemula dan masih awam dalam hal investasi. Namun, jangan lupa pertimbangkan risikonya matang-matang sebelum membuat keputusan investasi karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, LPS tidak menjamin reksadana.

Silahkan beri rating untuk artikel ini:

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)

Loading...

Leave a Comment