Sejak Oktober 2018 PMI Jasa China Tumbuh Dalam Laju Lemah

Selama bulan februari kemarin sektor jasa China tumbuh pada laju paling lambat dalam perkiraan 4 bulan terakhir ini, Menurut hasil survey Caixin pada hari ini. Perlambatan PMI Jasa China bulan lalu, mengarisbawahi adanya tantangan yang dihadapi tahun ini akan semakin berat ditekan oleh penurunan pesanan baru baik domestik dan luar negeri.

Caixin merilis bulan lalu Indeks PMI Jasa china turun menjadi 51.1 atau pada level terendah sejak Oktober 2018. Sebagai bahan perbandingan, rilis berita sektor jasa China pada bulan Februari kemarin lebih buruk dibandingkan ekspektasi ekonom yang diprediksi akan menurun tipis ke level 53.5 dari level 53.6 pada bulan Januari.

Manufaktur Melemah di bandingkan Sektor Jasa China yang Relatif Lebih Kokoh

Sejak Oktober 2018 PMI Jasa China Tumbuh Dalam Laju Terlemah

Indeks PMI Manufaktur yang selama beberapa bulan terakhir berada di zona kontraksi lebih lemah di banding Sektor jasa China yang dinilai oleh banyak ekonom lebih kokoh, Pertumbuhan pendapatan yang melambat harus di perhatikan bagi konsumen agar lebih memilih berhati hati dalam pengeluaran karena dapat berpengaruh terhadap indeks pesanan baru yang mencatatkan turun ke level terendah sejak Oktober 2018.

Mengawali tahun ini 2019 Ekonomi china terus di terpa tekanan luar biasa yang dipicu adanya perlambatan ekonomi domestik dan luar negeri. Di samping itu, adanya perang dagang china dengan AS juga ikut memperburuk outlook perekonomian, setelah adanya rilis berita fundamental China dalam kurun beberapa waktu terakhir belum menunjukkan adanya performa positif.

Guna mengenjot perekonomian china, Pemerintah China berencana akan memotong pajak senilai miliran dolar, dan meningkatkan investasi pada bidang infrastruktur dan memberikan pinjaman lunak yang mengarah kepada perusahaan-perusahaan kecil.

Leave a Comment