Wall Street Melonjak Setelah Trump Mendesak Kongres Soal Stimulus

Bursa saham Wall Street pada Rabu 07 Oktober 2020 melonjak, Setelah Presiden AS Donald Trump mendesak soal kesiapannya menyuntik maskapai dan menggelontorkan paket stimulus tambahan.

Indeks Dow Jones Industrial Average melonjak 432,00 poin atau 1,56 % menjadi 28.204,76. Sementara, Indeks S&P 500 naik 43,92 poin atau 1,29 % menjadi 3.396,62 dan indeks Komposit Nasdaq menguat 147,1 poin atau 1,3 % menjadi 11.301,70.

Presiden Amerika Serikat ‘Donald Trump, mendesak Kongres agar menyetujui program dukungan maskapai, Trump mengatakan bahwa uangnya kita ambil dari sisa anggaran lebih dari paket stimulus 1 sebelumnya.

Mantan taipan pengusaha properti juga ikut mendesak Kongres untuk menyetujui paket stimulus sebesar $ 1.200 untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi warga AS, Seperti dikutip dari laman CNBC. Pelaku pasar masih bertanya-tanya apakah ini berarti Trump telah membatalkan perintahnya kemarin atau hanya bagian dari manuver politiknya.

“Aku telah memberi perintah pada perwakilanku untuk berhenti negosiasi sampai pemilihan presiden¬† AS usai. Secepat mungkin setelah aku menang dalam pemilihan umum, kita akan segera meloloskan UU Stimulus yang tertuju pada pekerja keras di AS dan usaha kecil, Kata Trump dalam cuitannya saat itu.

Sementara itu, Keputusan Trump tersebut berlawanan dengan pesan Ketua The Fed ‘Jerome Powell, pada Selasa yang telah menyerukan perlunya paket stimulus moneter dan fiskal yang lebih agresif guna mempercepat pemulihan ekonomi.

Ketua bank sentral AS itu menilai pemulihan ekonomi akan melambat tanpa dukungan itu dan berujung pada kesulitan hidup bagi masyarakat dan pengusaha. Presiden The Fed ‘Cleveland Loretta Mester, juga menilai bahwa penghentian negosiasi tentang stimulus berarti pemulihan percepatan ekonomi akan jauh lebih lambat.

Klik icon dibawah untuk Membagikan Tulisan ini

Leave a Comment