6 Jenis Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan untuk Hari Tua

Masa pensiun Anda mungkin masih jauh namun Anda juga harus memperhatikan dengan baik apa yang akan Anda lakukan di masa depan. Jelas melakukan investasi jangka panjang ketika masih muda menjadi pilihan yang baik. Semakin dini melakukannya, maka keuntungannya pun akan sangat besar di masa depan. Belum lagi, Anda juga tidak bisa memprediksi apa yang terjadi pada ekonomi yang Anda miliki dan juga bisnis maupun pekerjaan sehingga investasi pilihan yang tepat.

Apa Saja Bentuk Investasi Jangka Panjang yang Banyak Digunakan Pemilik Modal Indonesia?

Jenis Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan untuk Hari Tua

Tidak ada salahnya untuk menyisihkan gaji yang Anda peroleh untuk melakukan investasi jangka panjang yang akan sangat berguna di masa depan nanti khususnya jika sudah pensiun. Jangan pernah beranggapan bahwa investasi seperti itu hanya untuk para pengusaha maupun mereka yang punya dana lebih karena siapapun sekarang juga bisa melakukannya dengan mudah yaitu caranya adalah memilih produk investasi yang sesuai dengan kemampuan Anda antara lain:

1. Asuransi

Bila Anda berbicara tentang investasi, maka banyak orang akan langsung berpikir tentang asuransi. Di dalam asuransi ini, biasanya Anda bisa memperoleh beberapa hal menguntungkan sekaligus yaitu proteksi yang merupakan perlindungan dari produk asuransi yang Anda pilih dan juga investasi yang sangat menguntungkan jangka panjang. Belum lagi, saat ini terdapat begitu banyak produk yang dapat memberikan Anda penawaran menarik berupa sistem pembayaran yang begitu mudah dan prosedur yang tidak rumit.

2. Investasi obligasi

Salah satu bentuk investasi yang bisa Anda pilih untuk jangka panjang adalah obligasi dan ini merupakan surat bukti yang akan dikeluarkan dalam bentuk surat pemberian pinjaman pada pihak yang diketahui menerbitkan obligasi ini dan mereka harus melunasi ketika tanggal jatuh temponya tiba yang sudah ditentukan. Obligasi ini dapat pula memberikan hak pembagian kekuasaan keuntungan bila diterima oleh pemegang dari obligasi yang bentuknya perusahaan. Keuntungan yang akan diterima dari obligasi ini tidak dikenai pajak tapi pihak yang memiliki peran pembayar bunga dengan karakteristik seperti deviden itu bukanlah biaya dari pengurangan hasil. Obligasi harus tetap dibayarkan sesuai dengan nominal jumlah di tanggal jatuh temponya.

3. Tanah atau bangunan

Bila Anda benar-benar ingin berniat untuk melakukan investasi yang diperuntukkan masa depan atau jangka panjang yang benar-benar sangat menjanjikan, maka tanah atau bangunan jelas pilihan yang tepat. Ada begitu banyak keuntungan yang akan Anda peroleh bila melakukan investasi dalam bentuk ini dan salah satunya adalah jauh dari resiko kebangkrutan. Ini dikarenakan fungsi tanah atau bangunan adalah untuk hunian atau tempat tinggal. Bahkan harga tanah pun juga mengalami peningkatan sampai 20%. Belum lagi, bila Anda sangat jeli untuk dapat melihat seperti apa lokasi tanahnya, maka peningkatannya pun juga signifikan.

4. Investasi reksadana

Ada tiga jenis bentuk investasi yang bisa dipilih jika Anda menggunakan reksadana saham seperti pasar uang, obligasi dan saham itu sendiri. Masing-masing jenisnya mempunyai resiko yang tidak sama dan bisa disesuaikan dengan apa yang Anda inginkan. Jika Anda memiliki modal yang besar, maka reksadana ini adalah pilihan yang paling tepat untuk jangka panjang. Reksadana memiliki tujuan untuk dapat memberikan perkembangan dari modal jangka panjang untuk semua pemegang unit.

5. Saham

Ini merupakan salah satu bentuk investasi paling umum yang selalu dipilih pemilik modal dan ini merupakan surat berharga yang memberikan keuntungan dan juga kerugian yang sejajar. Saham dapat dijadikan bukti bahwa seseorang maupun lembaga ikut memiliki perusahaan itu. Sebuah perusahaan pun bisa memiliki dana dari para investor jika menerbitkan saham ini.

Baca Juga : Cara Investasi Saham Online Bagi Pemula

6. Emas

Ini merupakan pilihan banyak orang untuk investasi karena harga emas selalu meningkat. Ini merupakan sumber daya yang tidak bisa diperbarui sehingga permintaannya pun sangat besar. Selain itu, emas dianggap bentuk investasi yang paling aman sebab resikonya minim meskipun pasar saham dengan menurun.

Inilah beberapa bentuk investasi jangka panjang yang dapat Anda pilih sebagai pemilik modal sesuai dengan kemampuan dan juga batasan atau limit yang Anda miliki untuk melakukan simpanan jangka panjang ini.

Silahkan beri penilaian untuk artikel ini:

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Klik icon dibawah untuk Membagikan Tulisan ini

Leave a Comment