Kapan Waktu yang Paling Tepat untuk Membeli Reksa Dana?

Dalam melakukan berbagai investasi apapun, calon investor di bikin bingung dan seringkali bertanya, kapan waktu yang paling tepat untuk memulai investasi sebagai bekal di masa yang akan datang, Misal untuk investasi deposito atau P2P Lending maka sudah pasti saat memulainya saat bunganya sedang tinggi. Namun, untuk investasi Reksa dana, Kapan kira-kira waktu yang paling tepat untuk membeli reksa dana?

Kapan Waktu yang Paling Tepat Untuk Membeli Reksa Dana?

Perlu kita ketahui bahwa produk reksa dana yang bermutu tentunya harus memiliki NAB yang terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. walaupun terkadang nilainya jatuh dalam jangka pendek, akan tetapi masih menghasilkan kenaikan dalam waktu setahun atau lebih. Sedangkan NAB adalah Nilai Aktiva Bersih, jadi keuntungan dari hasil reksa dana dapat dipantau dari angka NAB. Oleh karena itu, Anda tidak perlu ragu dan bingung lagi soal kapan waktu yang tepat untuk beli reksa dana, karena jawabannya adalah sekarang atau sedini mungkin.

Anda dapat mengaplikasikan pembelian reksa dana secara bertahap, Untuk menanggulangi kemungkinan terjadinya fluktuasi yang tajam. Artinya, dalam berinvestasi reksa dana yang paling tepat bukan dilakukan dengan mengeluarkan modal investasi sekali saja, akan tetapi dengan prinsip seperti layaknya kita menabung.
Anda dapat membeli reksa dana secara bertahap dengan nominal konstan. contohnya, Anda membeli Rp.500.000, setiap bulan, atau Rp.250.000, dalam seminggu pada tanggal tertentu dan sejenisnya. untuk minimal pembelian reksa dana tidak perlu khawatir, karena sekarang sudah banyak agen yang menawarkan pembelian reksa dana dari nominal terkecil mulai Rp 10.000 saja, seperti pada Bukalapak, Tokopedia dan OVO Invest.

Dengan menggunakan cara pembelian reksa dana secara bertahap seperti ini, Secara tidak langsung diversifikasi waktu sudah Anda terapkan. Pembelian reksa dana dalam rentan waktu yang berbeda-beda itu bisa mencatat nilai harga beli yang berbeda-beda pula, sehingga rata-rata akumulasinya lebih optimal daripada membeli secara sekaligus di awal, sedangkan setelah itu harga reksa dana turun lagi.

Baca Juga :  Apa itu Reksa Dana Syariah Syariah, Cara Kerja dan Keuntungannya?

Yang paling penting Anda harus mampu bersabar dan disiplin. Disiplin dalam pengertian konsisten mengalokasikan dana yang akan diinvestasikan. dan Sabar disini dalam arti sabar tidak terburu-buru untuk melikuidasi reksa dana ketika terlihat keuntungan saat baru naik sedikit. Buatlah komitmen agar selalu mengalokasikan dana untuk membeli reksa dana dalam waktu tertentu dan menahan diri agar tidak melakukan penarikan hingga beberapa tahun ke depan. Dengan begitu, niscaya keuntungan yang akan Anda peroleh dari investasi reksa dana lebih optimal.

Silahkan beri penilaian untuk artikel ini:

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment