Kenapa Dolar Menjadi Mata Uang Dunia?

Jika Anda hendak berlibur ke negara tertentu, pastinya mayoritas Anda harus menukarkan uang Anda dengan dolar. Begitu banyak negara yang menerima dolar sebagai mata uang dunia. Dolar Amerika Serikat ini memang faktanya sudah diakui oleh internasional sejak puluhan tahun. Beragam masalah memang menimpa mata uang ini seperti resesi, staglasi, perang dan sebagainya namun Anda tentu tetap heran mengapa dolar masih tetap jadi mata uang resmi.

Militer AS yang Kuat Menjadikan Dolar Tetap Diakui Sebagai Mata Uang Dunia

Kenapa Dolar Menjadi Mata Uang Dunia?

Dolar tidak selamanya selalu bertahan diatas dan berbagai masalah menimpa mereka. Namun sebagian negara yang ada di dunia tetap menjadikannya sebagai mata uang dunia cadangan devisa. Baik orang awam maupun orang-orang yang berkecimpung di perekonomian sekalipun pasti akan bingung mengapa dolar asli Amerika Serikat ini benar-benar sangat dihargai dan diterima di kebanyakan negara dunia. Apakah nantinya dolar ini dapat digantikan dengan mata uang yang lain?

Baca Juga : Faktor yang Mempengaruhi Nilai Tukar Mata Uang

Rupanya terdapat beberapa faktor pendukung yang menjadikan dolar tetap dihargai dengan tinggi sedemikian rupa di berbagai negara antara lain:

1. Pusatnya kekuatan militer dunia

Sudah tidak diragukan lagi bahwa Amerika Serikat memiliki kekuatan militer yang hebat di dunia dari segala macam sisi seperti intelijen, persenjataan, personel dan sebagainya bahkan hampir sulit menemukan negara yang bisa menandingi semua kekuatan itu. Sepanjang sejarah apalagi pada masa perang dan penjajahan, kekuatan mata uang adalah karena beberapa peristiwa dari kekuatan militer yang dianggap dominan. Seperti halnya yang dilansir oleh Military Strength pada tahun 2015 di bulan September yang lalu, AS berada di peringkat pertama dan kemudian disusul oleh Rusia, lalu Cina, Jepang dan kemudian India dalam militer. Sementara Indonesia tertinggal di peringkat 19. Dapat dikatakan bahwa banyak negara yang sudah kuat dari segi militer selain AS termasuk beberapa diantaranya adalah Asia. Namun mata uang yang terdapat di negara tersebut masih belum memenuhi syarat lain layaknya dolar sehingga masih sangat sulit menandinginya.

2. Kekuatan dan stabilitas ekonomi

Inilah alasan utama mata uang bisa mendominasi di berbagai dunia secara internasional. Basis penilaian dari segi ekonomi ini dulunya adalah persediaan emas namun sekarang tidak lagi. Makin besar GDP atau Gross Domestic Product dari suatu negara ditambah dengan laju volume transaksi yang meningkat, maka permintaan mata uang negara itu akan semakin tinggi. Ini bukan hanya tentang apakah perekonomian negara itu sehat atau tidak melainkan suatu negara harus menjadi pusat dari permintaan barang maupun jasa sehingga mata uangnya pun akan selalu tersedia mengingat sektor ekonomi selalu mendukungnya dan bebas dari adanya pekerjaan pemerintah. Tahun 2016 yang lalu, AS memiliki total GDP yang besar bahkan pertumbuhannya pun dipengaruhi oleh konsumen dan memiliki industri yang pangsa pasarnya berskala sangat besar internasional. Untuk nilai dari mata uang ketika pertukaran bukan dipengaruhi dari pemerintah melainkan semuanya dari mekanisme pasar.

Baca Juga : Kesalahan yang Harus di Hindari Saat Berinvestasi di Bidang Keuangan

3. Hubungan diplomasi luar negeri yang baik

Kekuatan hubungan diplomasi AS dianggap lebih unggul dibandingkan negara yang lain bahkan dibandingkan negara yang sekarang sudah memiliki kekuatan militer dan ekonomi sangat baik. Ini bukan karena ada negara yang takut dengan AS melainkan ini merupakan kekuatan tim dari diplomat untuk dapat memperluas jaringan, berkawan dan juga melobi dengan negara lain. Anda bisa melihat seberapa banyak perjanjian aliansi dan perdagangan lintas benua dan negara yang dilakukan oleh AS sehingga tak heran dolar selalu menguat.
Mungkin saja beberapa tahun lagi mata uang dunia berubah, namun saat ini dolar yang berkuasa.

Silahkan beri penilaian untuk artikel ini:

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Klik icon dibawah untuk Membagikan Tulisan ini

Leave a Comment